Night Diamond - Link Select 2

Kamis, 28 Mei 2015

Pentingkah Senam Hamil ? Apa Manfaat Senam Hamil ?

Kehamilan merupakan saat paling berharga bagi seorang wanita. Untuk itu perlu dijaga kesehatan baik tubuh ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Beberapa cara menjaga kesehatan adalah melalui asupan gizi yang tepat serta olah tubuh. Mengenai olah tubuh, timbul pertanyaan pentingkah senam bagi ibu hamil?
Senam memberikan efek penyegaran bagi tubuh, relaksasi serta pembentukan otot tubuh. Bagi wanita hamil, senam dapat meningkatkan suplai darah ke otak serta memperlancar peredaran darah. Kebugaran tubuh yang didapat ketika melakukan senam juga sangat bermanfaat bagi tubuh watanita hamil. Selain itu, ketika hamil, bentuk tubuh berubah termasuk beban yang dialami oleh bagian tubuh wanita hamil akibat pembesaran janin juga bertambah. Kekuatan tubuh diperlukan untuk menyangga beban tersebut. Kemudian persiapan persalinan juga memerlukan kemampuan otot khususnya jalan lahir guna memperlancar kelahiran bayi.
Senam yang disarankan untuk wanita hamil adalah usia di atas 7 bulan. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, persalinan sudah semakin dekat sehingga ibu harus melatih otot panggul, kemampuan berolah napas serta kemampuan mengejan. Seberapa pentingkah senam bagi ibu hamil? Sangat penting, ketika seorang wanita hamil jarang melakukan kegiatan olah raga, maka otot-otot yang berkait dengan kelahiran seperti otot panggung, otot seputra rahim serta jalan lahir akan kurang elastis dan lentur sehingga ibu kesulitan pada saat mengejan. Bahkan berdasarkan penelitian terkini, senam hamil dapat menurunkan angka kesakitan ketika menjelang persalinan. Beberapa gerakan pada senam hamil diiringi dengan olah pernapasan sehingga ibu dapat melakukan napas panjang ketika menghadapi kontraksi yang pada sebagian besar ibu hamil dirasa sebagai sesuatu hal yang paling menyakitkan.
Senam hamil juga dapat membantu menghindari terlambat lahir. Beberapa wanita hamil mengalami keterlambatan melahirkan sehingga perlu diinduksi ataupun dilakukan tindakan operasi bedah lahir. Dengan senam hamil, keterlambatan lahir dapat dicegah. Kemudian senam hamil juga dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh ibu setelah melahirkan. Pada umumnya wanita yang baru saja melahirkan, butuh beberapa saat untuk dapat kembali pulih kondisi fisiknya, dengan melakukan senam hamil, maka pemulihan fisik ibu hamil relative lebih cepat. Senam hamil juga dapat mengurangi kecemasan ketika melahirkan. Jadi pentingkah senam bagi ibu hamil? Kini anda telah tahu jawabannya.

              Olah raga merupakan kebutuhan bagi setiap orang, tetapi kadang selama masa kehamilan ada beberapa orang yang mengalami masalah dalam menjalani olah raga. Seperti kita tahu, selama masa kehamilan seorang wanita harus sangat hati-hati demi menjaga keselamatan bayi maupun dirinya sendiri. Senam hamil adalah solusi agar fisik tetap bugar selama masa kehamilan. Masa kehamilan adalah saat-saat paling ditunggu bagi pasangan suami istri. Setiap pasangan pasti berupaya menjaga kondisi kandungan agar proses kehamilan berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan merupakan prioritas pertama dari setiap pasangan. Selain untuk menjaga kebugaran fisik dari calon ibu, senam hamil ternyata juga bisa membantu kelancaran proses persalinan. Sebelum membicarakan lebih lanjut mengenai senam hamil, ada baiknya kita sedikit mempelajari tentang pengertian senam hamil. Senam hamil merupakan salah satu olah raga khusus yang dilakukan oleh ibu hamil. Gerakan-gerakan dari senam hamil telah disesuaikan untuk kenyamanan dan keamanan ibu hamil, sehingga tidak beresiko menimbulkan masalah pada ibu maupun calon bayi di dalam kandungan.

Manfaat Senam Hamil

         Manfaat senam hamil sangatlah banyak meskipun gerakanya terlihat ringan dan tidak membutuhkan banyak energi jika dibandingkan dengan senam yang lainya. Tetapi gerakan-gerakan dalam seban hamil telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat senam hamil.

1. Memperkuat Kelenturan otot

       Biasanya seseorang yang sedang mengalami proses kehamilan akan merasa nyeri di perut dan bokong, dengan melakukan senam hamil, anda akan memperkuat elastisitas beberapa otot pada dinding perut sehingga akan mengurangi rasa nyeri pada perut dan bokong.

2. Melatih Teknik Pernapasan

      Dengan melakukan senam hamil secara rutin maka anda akan mendapatkan oksigen secara optimal. Hal ini sangat membantu selama proses persalinan.

3. Melatih Relaksasi

       Relaksasi sangat dibutuhkan ketika proses persalinan, senam hamil akan membantu anda untuk mengatasi rasa sakit maupun ketegangan selama proses persalinan.

4. Mengurangi Keluhan

       Bentuk serta sikap tubuh orang hamil sangat berbeda dengan yang lainya, senam hamil dapat membantu megurangi keluhan terhadap perubahan bentuk tubuh.

5. Melancarkan Persalinan

       Menurut para ahli, dengan melakukan senam hamil secara rutin, anda akan terhindar dari kesulitan ketika menjalani proses persalinan.
Manfaat senam hamil ternyata sangat luar biasa bagi kesehatan ibu maupun calon bayi yang masih berada di dalam kandungan. Tetapi sebaiknya anda melakukan konsultai dengan dokter anda sebelum memutuskan untuk mengikuti senam hamil.

0 komentar:

Posting Komentar

[ Get Widget ]
[ Get Widget ]