Night Diamond - Link Select 2

Senin, 04 Mei 2015

CARA Menurunkan Demam tinngi dan ringan Bidanku.com











Tahukah Kamu Kenapa Bisa Demam?

Apakah Setiap Demam itu     berbahaya???

Sebenernya,,, demam terjadi karena merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi virus ataupun bakteri…
Kenaikan suhu tubuh akan menghambat perkembangbiakan bakteri ( DNA ) ataupun replikasi virus (RNA).
Suhu tubuh manusia normalnya adalah sekitar 36-38 derajat celcius. Suhu ini dipertahankan lewat energi yang dihasilkan oleh proses metabolisme dari zat-zat makanan dari sumber karbohidrat, lemak dan protein di sel-sel tubuh khususnya di mitokondria. Energi yang dihasilkan dalam bentuk ATP sebagian diubah menjadi energi panas yang digunakan untuk mempertahankan suhu tubuh. Pusat pengatur suhu sendiri terdapat di hypothalamus, bagian dari otak. Di sinilah suhu tubuh diatur dan dipertahankan dengan pengaturan setting point suhu.

       Demam dapat disebabkan oleh infeksi, maupun oleh penyebab lain seperti keganasan(neoplasma /kanker), penyakit autoimun, dan penyakit hipertiroid. Umumnya demam terjadi ketika seseorang mengalami infeksi baik oleh bakteri maupun virus. Jika, bakteri atau virus masuk ke dalam tubuh manusia, keduanya akan mengahasilkan zat-zat pyrogen (zat yang menyebabkan demam) yang akan meningkatkan setting point suhu di hypothalamus. Zat-zat pyrogen ini akan merangsang pelepasan PGE2 (prostaglandin2) yang selanjutnya akan meningkatkan setting point suhu di hypothalamus. Kenaikan setting pont ini akan menyebabkan perbedaan antara suhu setting point dengan suhu tubuh, dimana suhu setting point lebih tinggi daripada suhu tubuh. Untuk menyamakan perbedaan ini, suhu tubuh akan meningkat sehingga menyebabkan demam. Pada saat awal kenaikan panas tubuh, suhu tubuh yang lebih rendah daripada setting point menyebabkan terjadinya vasokonstriksi (penyempitan) pembuluh darah untuk mengcegah hilangnya panas dari tubuh, sementara penderita akan merasa kedinginan dan menggigil untuk meningkatkan suhu tubuh. Proses ini mengakibatkan penderita merasa kedinginan dan menggigil meskipun jika diukur, tubuhnya panas. Peristiwa ini akan berhenti apabila suhu tubuh sudah sama dengan setting point suhu di hypothalamus.
Pola demam sangat khas: Misalnya, pada infeksi salmonella typhi yang menyebabkan typhoid, akan menimbulkan pola demam yang khas, dimana saat malam hari suhu tubuh naik, sedangkan pada pagi hari suhu tubuh turun, dan berulang seperti gambaran anak tangga. Sedangkan pada demam berdarah (DHF), biasanya menggambarkan pola sadle appearance (seperti pelana kuda). Pada DHF suhu tubuh naik pada hari 1-3, dan menurun pada hari 3-5 dan naik kembali pada hari ke 6-7. Dengan mengetahui, pola demam, dokter akan dapat menentukan terapi yang tepat sesuai dengan penyebab infeksi.
Jadi.. demam merupakan suatu gejala dari mekanisme pertahanan tubuh kita. So yang harus kita lakukan adalah:
  •   Beristirahat
  •   kompres air hangat
  •   Berikan obet penurun panas
  •   Segera hubungi dokter dan waspadai kejang/step pada anak
       Tips menurunkan demam tinggi - Setiap kita pasti pernah mengalami yang namanya demam ada demam yang ringan sampai demam yang sangat tinggi dan saat demam tubuh menjadi lemah, sebaiknya anda banyak beristirahat dan tentunya disertai dengan melakukan pengobatan agar suhu tubuh dapat cepat menurun.

      Demam bukanlah merupakan suatu penyakit namun karena adanya efek dari gangguan pada tubuh seperti infeksi yang mengakibatkan tubuh menjadi demam, tapi kita juga harus berhati-hati karena demam bisa saja dikarenakan tanda dari suatu penyakit tertentu seperti tipes, demam berdarah dan penyakit lainnya, jadi demam merupakan tanda atau signal jika kita mengalami gangguan di dalam tubuh kita.

       Penyebab dari demam biasanya sudah bisa kita ketahui penyebabnya dalam waktu 1 sampai 2 hari,  jadi jika anda mendeteksi penyebab demam bukan karena demam biasa maka anda harus segera memeriksakan ke dokter supaya bisa diketahui penyebabnya secara pasti, karena kemungkinan anda terkena suatu penyakit tertentu, namun anda perlu berhati-hati jika suhu tubuh meningkat di atas 38 derajat apalagi pada anak-anak karena bisa menyebabkan terjadinya kejang-kejang.

Tips menurunkan demam tinggiAda beberapa penyebab umum terjadinya demam pada tubuh seseorang:

  • Mengalami infeksi seperti infeksi saluran kemih, infeksi sinus, infeksi streptokokus, infeksi mononucleosis dan abses pada gigi.
  • Untuk yang sering bepergian ke luar negeri kemungkinan mengalami tertular suatu penyakit tertentu saat berada di luar negeri.
  • Terbakar sinar matahari terik terlalu lama yang menimbulkan tubuh mengalami kelelahan.
  • Terlalu lama bermain di air saat udara dingin atau kehujanan membuat tubuh menggigil dan demam.
Jika demam anda tergolong ringan dan bukan disebabkan oleh penyakit tertentu maka anda bisa meredakan demam anda secara alami dan anda bisa melakukannya dengan cara-cara yang sederhana seperti dilansir dari Boldsky.com.
  • Banyaklah minum air putih, dengan banyak minum selain baik untuk mengatasi dehidrasi juga sangat baik untuk mengatasi demam, dengan banyak minum dan buang air kecil dapat membantu mengatasi demam anda.
  • Mengkompres dengan kain basah hangat, dengan cara mengkompres merupakan cara alami yang paling populer untuk mengatasi demam tinggi, anda bisa menggunakan kain atau spon yang telah dibasahi dengan air hangat yang diletakkan di atas dahi atau bisa juga di dada dan di perut, lakukan hal ini sampai demam turun, jangan menggunakan air dingin atau air es saat mengkompres karena dapat membuat tubuh menggigil.   
  • Mandi dengan air hangat, biasanya orang-orang menyarankan penderita demam untuk tidak mandi saat demam, namun ternyata mandi dengan air yang hangat sangat baik untuk menurunkan demam anda karena setelah anda mandi maka tubuh menjadi segar dan demam pun akan semakin berkurang.
  • Usahakan suhu ruangan tetap sejuk, kondisi suhu ruangan yang terlalu panas justru kurang baik karena membuat suhu tubuh semakin panas, jika memungkinkan aturlah suhu ruangan agar tetap dingin dan sejuk, dengan kondisi ruangan yang nyaman maka dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi.
  • Olesi kaki dengan bawang putih, bawang putih selain dapat digunakan untuk bumbu masak merupakan obat alami yang sangat baik untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi, caranya hancurkan bawang putih lalu campurkan dengan minyak kelapa, lalu oleskan di telapak kaki anda sampai merata dan biarkan selama semalaman dan keesokan hari demam pun akan menurun.
  • Banyak beristirahat untuk memulihkan kondisi tubuh selain itu dengan banyak istirahat daya tahan tubuh akan meningkat sehingga sangat baik supaya demam cepat turun.
  • Jika perlu anda bisa meminum obat penurun panas agar demam bisa lebih cepat turun.
OBAT Penurun Panas untuk Orang dewasa 

      Obat Penurun Demam Panas Dingin Untuk Orang Dewasa–  Penyakit panas demam dingin adalah penyakit yang jika dirasakan badan terasa menggigil, tetapi kalau diraba badan yang menderita demam panas dingin terasa panas. Kondisi ini perlu ditangani dengan secara tradisional atau dengan medis.
Artikel ini akan menjelaskan tentang penanganan demam panas dingin dengan alami atau Herbal yang harus anda katahui. Karena Obat alami atau herbal adalah salah satu obat yang terbukti mempunyai khasiat yang luar biasa bila dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Obat kimia cenderung memiliki efek sambping bila dibandingkan dengan obat-obatan alami atau herbal. Obat alami merupakan warisan nenek moyang yang sudah terbukti ampuh untuk mengobati penyakit termasuk demam panas yang menimpa pada orang dewasa taupun anak-anak.

Demam Panas Dingin
bapa
Setiap manusia dalam hidupnya pasti pernah mengalami demam pada tubuhnya dan hal ini telah berlangsung sejak zaman dahulu. Demam pada manusia bukan suatu panyakit khusus, namun demam merupakan salah satu gejala alamiah yang timbul pada manusia terhadap pengaruh baik dari luar tubuh manusia maupun dari dalam tubuh manusia. Demam terutama yang terjadi pada bayi atau anak-anak merupakan suatu hal yang sangat menakutkan bagi para ibu muda.
Pada orang dewasa suhu diatas 37C merupakan batas demam, sedangkan pada anak-anak 37.5C (memakai thermometer di ketiak). Pengukuran suhu dengan thermometer khusus untuk mulut atau thermometer khusus untuk anus atau thermometer khusus untuk telinga. bisa di sebut normal jika dibawah 38C. Bahkan pendeteksian panas secara masal kini dapat dilaksanakan misalnya pada saat kasus flu burung meningkat dengan scanner khusus deteksi panas. Suhu tubuh terendah terjadi sekitar jam 06.00 pagi dan tertinggi terjadi sekitar 16.00 hingga 18.00 sore. Setipa suhu manusia pasti panas dan akan hilang jika seorang manusia mengalami kematian.
Pemicu terjadinya Demam Panas Dingin
  • Adanya infeksi bakteri dan virus, seperti influenza
  • Radang
  • Efek samping obat dan imunisasi
  • Faktor lain seperti siklus menstruasi atau olahraga berat
Gejala  yang Dirasakan
  • Berkeringat
  • Gemeteran
  • Sakit Kepala
  • Nyeri otot
  • kehilangan nafsu makan
  • Dehidrasi
  • Halusinasi
  • Kebingungan
  • Sifat lekas marah
  • Kejang

Cara Terbaik Turunkan Demam Anak
Ketika anak demam, Mama segera mengusahakan agar demamnya turun dengan berbagai cara. Dalam laporan terbaru di jurnal Persatuan Dokter Anak Amerika tentang demam anak disebutkan bahwa orangtua sebaiknya berkonsentrasi untuk membuat anak merasa nyaman ketika demam dibanding menurunkan suhunya. Karena penyebab demam bisa beragam, usaha menurunkan panas juga bisa memperlambat kesembuhan. 

Beberapa hal yang perlu diketahui orangtua mengenai demam adalah demam bukanlah penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus.

Oleh karena itu usaha mengatasi demam yang salah bisa memperpanjang masa sakit. Hal ini berbeda dengan pendapat orangtua sebelumnya bahwa demam bisa memperburuk suatu kondisi penyakit ataupun berdampak buruk secara umum terhadap anak mereka. (apakah Mama sempat berpikir demam membakar sel saraf anak? Mulai sekarang tidak perlu, Ma).

Banyak orangtua juga mencemaskan kejang demam. Obat penurun panas tidak terbukti dapat mencegah terjadinya kejang demam. Kejang (jika terjadi) biasanya disebabkan oleh kenaikan suhu tubuh yang pesat di tahap awal infeksi, seringkali sebelum para orangtua menyadari anaknya terkena demam.

Saat demam biarkan anak tersebut istirahat. Walaupun Anda berharap ia minum obat, tunggu saja saat ia terbangun meskipun jadwal pemberian obat penurun panas sudah berlalu. Hati-hati saat memberi obat ya, Ma. Pastikan dosisnya sesuai aturan di kemasan. Jika Anda memberi obat penurun panas golongan acetaminophen ataupun ibuprofen, pastikan Anda tidak memberi obat batuk atau flu yang mengandung antipyretic. Pemberian dua jenis obat tersebut. secara bersamaan dapat menimbulkan overdosis.

Hingga bayi berusia 4 bulan, jika ia demam hingga 38,5 derajat Celcius, orangtua harus segera menghubungi dokter anak. Meskipun begitu, usahakan tidak hanya berfokus pada angka-angka di termometer. Yang paling utama, obat penurun panas sebaiknya digunakan sebagai bantuan untuk membuat anak merasa nyaman. Jika walaupun demam anak terlihat tenang dan tidak rewel, Anda tidak harus memberinya obat penurun panas. (Fina Khairaty/foto:dok.FEminagroup)

0 komentar:

Posting Komentar

[ Get Widget ]
[ Get Widget ]